More

    Pertunjukan Tari Tradisional akan Meriahkan PKA ke-8

    BANDA ACEH – Agustus 2023 akan menjadi helatan kedelapan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) yang dilaksanakan di Kota Banda Aceh. PKA kali ini diisi dengan berbagai kegiatan, salah satunya pertunjukan tari tradisional.

    Seni tari tradisional yang diikutsertakan dalam PKA ke-8 berasal dari masing-masing kabupaten/kota se-Aceh. Bentuk penilaiannya berupa penampilan penyaji terbaik non peringkat. Saat ini tempat pelaksanaannya masih tentarif.

    Syarat-syarat untuk mengikuti pertunjukan seni tari tradisional, diantaranya;

    1. Peserta adalah perwakilan dari kabupaten/kota.
    2. Setiap kabupaten/kota wajib mengutus satu grup dan satu tarian yang ditampilkan di pentas tari tradisional PKA ke-8, dengan materi seni tari tradisi asli yang berasal dari masing-masing kabupaten/kota.
    3. Jumlah peserta disesuaikan dengan materi yang ditampilkan dan venue yang.
    4. Durasi penampilan setiap peserta kabupaten/kota maksimal 15 menit, terhitung dari bunyi/gerak pertama yang ditampilkan di atas.
    5. Musik iringan tari tradisional dimainkan secara live dan tidak dibenarkan menggunakan musik playback dari jenis.
    6. Segala kebutuhan penampilan  seni  tari  tradisional  di sediakan  oleh peserta kabupaten/kota.
    7. Materi, kostum, lirik dan property lainnya tidak bertentangan dengan nilai-nilai syari’at.

    Materi yang akan ditampilkan dalam pertunjukan seni tari tradisional pada PKA ke-8, yaitu Rapa-i Geleng, Pho, Rateb Meuseukat, Ratoeh Talo, Meusare-sare, Laweuet, Rapa-i Ji-ee/Rapa-i Bube, Meugrop, Ale Tunjang, Poh Kipah, Seudati, Ula-ula lembing, Bin Laweuetes, Guel, Saman, Silat Peuleubat, Dampeng, Tulo-Tulo, Andalas, Ambi ambiken, Likok Pulo, Anggok, Peugrop Linto, Rabbani Wahid, Lanot Sampot, serta materi tari tradisional yang pernah ada di kabupaten/kota.

    Dalam pertunjukan ini, para peserta dari kabupaten/kota diharapkan dapat menggali dan menampilkan seni tari tradisional lokal yang hampir punah, atau dianggap patut untuk ditampilkan.

    Perlu diperhatikan dalam pertunjukan tari tradisional PKA ke-8, setiap peserta menampilkan satu karya tari sesuai dengan nomor urut yang ditentukan dari hasil pencabutan nomor peserta, wajib menyerahkan narasi dan sinopsis materi paling lambat pada saat teknical meeting dilaksanakan (waktu tentatif).

    Kemudian, peserta wajib menyerahkan daftar channel list audio dan disesuaikan dengan equipment yang disediakan oleh panitia. Setiap peserta yang akan tampil diwajibkan bersiap-siap sesuai dengan nomor urut penampilan (diatur panitia). Segala hal yang terjadi di atas panggung terkait penampilan maka tidak menjadi tanggung jawab panitia.

    Perserta yang ikut dalam pertunjukan seni tari tradisional PKA ke-8 akan diberikan plakat dan piagam. Kemudian, lima peserta penyaji terbaik (non peringkat) akan diberikan dana pembinaan.[]

    Latest articles

    Baca Juga