Kolaborasi Jadi Kunci Nagan Raya Meraih Juara di PKA-8

0
29
Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas memimpin rapat persiapan PKA-8. (foto: istimewa)

NAGAN RAYA – Pemerintah Kabupaten Nagan Raya terus mempersiapkan daerah berjuluk ‘Bumoe Rameune’ itu untuk menyambut Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 yang akan berlangsung pada 4-12 November 2023 di Banda Aceh.

Stakeholder setempat yang dipimpin langsung Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas telah menggelar rapat persiapan PKA-8.

Dalam rapat tersebut, masing-masing ketua bidang pelaksana diminta untuk memaparkan satu persatu terkait kesiapan Nagan Raya dalam mengikuti kegiatan akbar kebudayaan terbesar di Aceh itu.

Fitriany Farhas menyampaikan daerah yang dipimpinnya menyatakan telah siap mengikuti PKA-8. Tiap-tiap bidang di pemerintahan dan lembaga telah diberi mandat sesuai tugasnya.

“Tugas tersebut tidak hanya itu saja, akan tetapi kita di sini saling membantu satu sama lain walaupun itu di luar tugas pokoknya,” katanya, Kamis (19/10/2023).

Di samping itu Fitriany meminta seluruh Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) terus melakukan promosi terkait budaya dan seni yang bakal ditampilkan Nagan Raya di pagelaran PKA-8.

Promosi tersebut menurutnya bisa dilakukan melalui media sosial milik SKPK masing-masing.

Fitriany Farhas juga mengingatkan masing-masing bidang yang telah ditunjuk menangani PKA, saling intens melakukan koordinasi dan kolaborasi guna membawa Nagan Raya sukses meraih prestasi.

“Insya Allah dengan perpaduan dan kekompakan, kita semua semoga dapat membawa Nagan Raya juara,” pungkasnya.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Nagan Raya, Fariky, menyebutkan ada beberapa kategori kegiatan yang diikuti oleh Nagan Raya di PKA-8 antara lain; pawai budaya, pertunjukan dan perlombaan seni, lomba permainan rakyat, pameran, festival kuliner dan festival adat budaya.

Sementara itu Dewan Kesenian Aceh (DKA) Nagan Raya pun telah jauh hari melakukan latihan pembinaan bidang seni yang akan diperlombakan di PKA-8.

Menurut Ketua DKA Nagan Raya Faisal A Qubsy, pihaknya akan membawa 8 sanggar seni ke PKA di antaranya: Mahkota Sakti, Makmue Beusare, Rajawali, Bintang Barona, Cahaya Nagan, Tuah Nagan, Tiwah Cipuga, Geunta Alam dan juga penampilan ekstra dari Group Singa Nagan.

“Pemantapan latihan bidang seni sudah kita lakukan sejak Juli 2023 lalu hingga akhir Oktober nanti,” ungkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini